Pengertian Fungsi Jenis dan Contoh Hardware

Pengertian Fungsi Jenis dan Contoh Hardware

Pengertian Fungsi Jenis dan Contoh Hardware

Pengertian Fungsi Jenis dan Contoh Hardware – Hardware sering disebut dalam perangkat komputer, karena didalam komputer terdiri dari hardware dan software. Untuk yang sudah mengetahui komputer atau laptop, tentu sudah mengerti apa itu hardware dan contoh yang dapat dilihat secara langsung. Tetapi bagi orang awam pasti tidak tahu dan bingung ketika ditanya tentang hardware.

Pengertian hardware

Pengertian hardware adalah segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung. Dengann kata lain hardware merupakan komponen yang memiliki bentuk nyata.

Hardware atau perangkat keras berfungsi untuk mendukung segala proses dalam komputerisasi dan bekerja sesuai perintah yang sudah ditentukan penggunanya atau yang sering disebut dengan brainware. Dengan adanya komponen hardware, maka bentuk output dari setiap proses bisa direalisasikan.

Fungsi Hardware

Hardaware berfungsi memudahkan pengguna komputer dalam bekerja atau dengan adanya hardware yang lengkap maka sistem komputer dapat berjalan dengan baik. Untuk fungsinya adalah sesuai dengan jenis harware yang ada. Maka untuk itu dibawah ini akan dijelaskan contoh hardware dan fungsinya masing-masing.

Jenis-jenis Hardware
Hardware dibagi menjadi 3 jenis yang dapat kalian lihat dibawah ini:

Hardware Input (Input Device)

Harware input atau disebut input device merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer yang lalu data tersebut masuk ke dalam tahap pengolahan atau sebuah proses. Banyak jenis perangkat untuk mengiput dan mengontrol sebuah komputer.
Contoh harware input: Mouse, Keyboard, scanner, mouse pen, disk drive, joystick,tracball

Hardware Process (Process Device)

Process device atau perangkat pemrosesan adalah untuk memproses dan mengolah data-data pada komputer. Perangkat ini bisa disebut juga sebagai otak dari sebuah komputer, karena merupakan perangkat yang penting untuk melakukan proses terhadap data yang di input atau dimasukkan. Contoh Hardware Process adalah CPU, VGA, Ram dan sebagainya

Output Device (Hardware Output)

Hardware output merupakan perangkat keras yang dipakai untuk mnecetak dan menampilkan informasi hasi dari inputan data dari harware input dan telah melewati pemrosesan oleh harware proses. Contohnya adalah: Monitor, speakser dan printer.

Selain yang telah disebutkan diatas, sebenarnya ada perangkat hardware lain yang dapat membantu dalam pengoperasian komputer. Seperti Periferal (Perangkat Tambahan). Perangkat tambahan yaitu perangkat yang berfungi untuk membantu komputer dalam menjalan intruksi atau perintah pengguna.

Contohnya adalah modem, modem adalah jenis hardware yang fungsinya untuk komunikasi dengan jaringan internet. Modem dapat menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan internet yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.