Negara Yang Terapkan Hukuman Kebiri Kimia

Negara Yang Terapkan Hukuman Kebiri Kimia

Ini Negara-Negara Yang Terapkan Hukuman Kebiri Kimia

Negara Yang Terapkan Hukuman Kebiri Kimia – Kebiri kimia lagi jadi perbincangan hangat di dunia maya, nih. Seorang pelaku kasus pelecehan seksual terhadap 9 anak di Mojokerto, Aris, dijatuhi hukuman kebiri kimia. Selain itu juga hukuman penjara 12 tahun dan denda 100 juta.

Aris masih menunggu kelanjutan proses hukuman yang menimpanya, karena kasus pelecehan seksual terhadap sembilan anak di Mojokerto, Jawa Timur. Pria 20 tahun itu dijatuhi hukuman kebiri kimia, hukuman penjara selama 12 tahun dan denda Rp100 juta.

Aris merupakan tersangka pertama yang dijerat hukuman eksekusi kebiri kimia, setelah Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Kebiri ditandatangani Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada Mei 2016, dan disahkan DPR menjadi undang-undang pada Oktober 2016.

Jauh sebelum Indonesia memiliki hukuman kebiri kimia, negara-negara lain telah lebih dahulu Daftar Macaubet menerapkan hukuman yang sama. Mana saja negara-negara tesebut?

Ada 10 negara bagian di Amerika Serikat yang menerapkan hukuman kebiri

Amerika Serikat, telah menerapkan hukuman kebiri kimia pada pelaku kejahatan seksual sejak 1966. John Money, seorang psikolog dan seksolog menjadi orang pertama yang menjalani hukuman tersebut. Dia mengonsumsi obat medroksiprogesteron asetat dalam hukuman kebiri.

Paling tidak ada sepuluh negara bagian di negeri Paman Sam yang telah menjalankan hukuman kebiri kimia yakni Florida, California, Georgia, Lowa, Louisiana, Oregon, Texas, Winconsin, Montana, dan disusul Alabama pada Juli 2019.

Inggris menerapkan hukuman kebiri kimia sejak 1950-an

Inggris mulai mengenal hukum kebiri sejak 1950-an, yang pertama kali diperkenalkan mantan Menteri Dalam Negeri Kohn Reid. Para pelaku menjalani terapi untuk mengurangi kadar kelaki-lakian, testoteron, sehingga mereka kembali seperti saat masih praremaja.

Sejak 2017 hingga Februari 2019, 120 orang telah dieksekusi dengan hukuman kebiri kimia di Inggris. Pada 1952, Alan Turing, seorang peneliti matematika dan komputer ditangkap kepolisian karena memiliki perilaku seksual yang dianggap menyimpang saat itu, hingga ia dijatuhi hukuman kebiri.

Alan Turing adalah pemecah kode rahasia perang dunia II yang kisahnya telah diangkat dalam film berjudul Imitation Game. Karena tak kuat menjalani hukuman ini, ia akhirnya bunuh diri pada usia 41 tahun. Atas kejadian itu, pada 2013 pemerintah dan kerajaan Inggris meminta maaf dan membersihkan nama Turing.

Fakta Sebelum Indonesia Memiliki Hukuman Kebiri Kimia

Korea Selatan negara Asia pertama yang menerapkan hukuman kebiri

Korea Selatan menerapkan hukuman kebiri kimia sejak Juli 2011, sehingga menjadi negara Asia pertama yang menjalankan aturan ini. Pelaku bernama Park melakukan tidak kejahatan seksual pada remaja berusia 10 tahun.

Hukuman kebiri dijatuhkan karena Park sudah melakukan aksinya beberapa kali, hingga keluar masuk penjara dengan kasus yang sama sejak 1984.

Pengadilan Korea Selatan menjatuhkan hukuman suntikan zat kimia kepada tersangka setiap tiga bulan selama tiga tahun. Pelaku juga diwajibkan mengenakan gelang kaki elektronik selama 20 tahun, agar bisa dilacak pihak berwajib.

Kazakhstan mengalokasikan dana untuk 2.000 suntikan kebiri kimia

Kazakhstan pertama melakukan hukuman kebiri kimia pada April 2016. Selain diberi suntikan kebiri, pelaku juga dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Presiden Nursultan Nazarbayev mengalokasi dana Rp358 juta atau setara 2.000 suntikan kebiri kimia.

Hukuman kebiri kimia di negara yang berada di Asia Tengah dan Eropa Timur itu, menggunakan Cyproterone, anti-adrogen steroid yang juga digunakan untuk melawan kanker.