Mengenal hardware pada laptop dan komputer dan fungsi nya

Mengenal hardware pada laptop dan komputer dan fungsi nya

Hardware pada laptop

Mengenal hardware pada laptop dan komputer dan fungsi nya – Hardware adalah perangkat keras yang merupakan salah satu elemen dari sistem laptop, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi seperti perangkat masukan (input), perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran (output).

Hardware pada laptop adalah sebagai berikut :

Motherboard

adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Dalam istilah bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai ‘papan induk’, atau sering juga disingkat menjadi mobo.

Motherboard sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit elektronik yang berguna sebagai tempat lalu-lintas data. Dengan adanya motherboard, semua perangkat dalam komputer saling terhubung dan dapat bekerjasama sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

 Processor

Processor merupakan chip yang pengolah laptop yang berfungsi sebagai alat pemroses data, melakukan perhitungan, dan menjalankan perintah.

Pada dasarnya, processor berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output. Processor sendiri terletak pada motherboard. Terdapat tiga bagian penting dari processor, yaitu Arithmatics Logical Unit (ALU) yang berfungsi untuk melakukan semua perhitungan aritmatika sesuai instruksi program, Control Unit (pengatur input dan output data), serta Memory Unit (alat penyimpan data).

 Memori

Memori disebut juga RAM (Random Access Memory) yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara sewaktu digunakan oleh processor.

Dengan menggunakan RAM, pengguna komputer dapat menulis dan membaca data dalam waktu bersamaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih RAM. Pilihlah RAM dengan kapasitas besar, karena semakin besar kapasitasnya,semakin cepat pula sebuah komputer melaksanakan perintah yang diberikan.

Saat ini, kapasitas minimal yang harus Anda miliki adalah RAM sebesar  2GB (untuk komputer & laptop), di masa mendatang pun perangkat lunak semakin berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang semakin besar. Pilih juga RAM yang menawarkan garansi seumur hidup (lifetime).

 Kartu Suara (Sound Card)

Kartu suara atau Soundcard berfungsi untuk mengeluarkan suara dari laptop.

Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengolah data berupa audio ataupun suara. Pada awalnya, sound card hanyalah pelengkap komputer, namun saat ini sound card merupakan perangkat yang harus dimiliki oleh pengguna komputer. Salah satu Sound Card yang sangat populer di Indonesia adalah Sound Blaster, yang dibuat oleh Creative Labs. Ada 3 macam sound card jika dilihat dari cara pemasangannya, yaitu :

  1. Sound Card Onboard : dipasang menempel langsung dengan motherboard komputer.
  2. Sound Card Offboard : dipasang melalui slot ISA/PCI yang ada pada motherboard.
  3. Sound Card External : dipasang dengan penyambungan melalui port external (USB/FireWire).

Hard Disk

Harddisk disebut juga sebagai disk drive, hard drive, atau harddisk drive. Di situlah seluruh sistem operasi dan mekanisme kerja laptop dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.

Secara umum, terdapat tiga jenis harddisk di pasaran, yaitu IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Ketiganya memiliki keunikan masing-masing, perbedaannya terdapat pada kecepatan putaran piringan yang berpengaruh terhadap kecepatan pengambilan data dalam komputer. Untuk memasang harddisk, perlu diperhatikan dukungan motherboard. Misalnya, jika yang kita miliki adalah harddisk jenis SATA, maka perlu dipasang pada motherboard yang memiliki port SATA juga.

Screen

Screen pada laptop berfungsi layaknya monitor pada komputer yang dapat menampilkan gambar, tulisan, atau program yang sedang dioperasikan laptop.

Monitor atau screen merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengelohan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

Kualitas monitor tergantung berdasarkan beberapa aspek, seperti resolusi, waktu respons, tingkat kecerahan, pixel pitch, dan perbandingan kontrasnya. Resolusi sendiri merupakan jumlah pixel yang ditampilkan oleh monitor.

Semakin banyak jumlah pixel, maka semakin tinggi resolusi monitor. Waktu respon (dihitung dalam milidetik) merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat pixel mati atau menyala. Pixel pitch menggambarkan jarak (dalam mm) antara pixel-pixel pada sebuah monitor. Rata-rata pixel pitch sebaiknya kurang dari atau sama dengan 0,28 mm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *