Cara Alami Melembapkan Kulit

Cara Alami Melembapkan Kulit

Cara Alami Melembapkan Kulit Tanpa Bahan Kimia

Cara Alami Melembapkan Kulit – Memiliki kulit kering merupakan suatu masalah bagi sebagian orang. Khususnya wanita, memiliki kulit kering sering kali dapat mempengaruhi rasa percaya diri. Memasuki musim penghujan, kesehatan kulit wajib diperhatikan. Udara dingin saat musim hujan membuat kulit menjadi lebih mudah kering.

Belum lagi kalau kamu melakukan aktivitas di dalam ruangan ber-AC. Biasanya kita akan mengaplikasikan pelembap, hand cream, atau lotion untuk mencegah kulit kering. Tapi tahu tidak kalau ada cara alami yang bisa dilakukan untuk melembapkan kulit. Apa saja ya? Simak selengkapnya, yuk!

Daun Lidah Buaya

Buat kamu yang memiliki tanaman lidah buaya di rumah, coba manfaatkan menjadi pelembap kulit alami. Tanaman ini kaya akan vitamin A dan vitamin E yang baik bagi kulit. Lidah buaya juga punya kandungan anti inflamasi dan bisa meminimalisasi rasa gatal karena kulit kering.

Caranya hanya dengan mengambil ekstrak gel lidah buaya kemudian hancurkan hingga teksturnya halus. Segera aplikasikan pada area kulit yang kering, diamkan selama 12-15 menit, dan bilas dengan air hangat.

Alpukat

Bukan hanya menyehatkan dan cocok jadi makanan diet, alpukat juga ampuh untuk melembapkan kulit! Buah satu ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan kulit dan melindunginya dari radikal bebas. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

Kamu bisa memuat masker alpukat dengan menghancurkan daging buah hingga menjadi bubur. Aplikasikan pada kulit yang kering dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Olive oil

Kandungan vitamin E, asam lemak, dan omega-3 membuat olive oil baik untuk memperbaiki tekstur kulit yang kering. Bukan hanya melembapkan, olive oil atau minyak zaitun juga bisa membuat wajah glowing alami. Kamu bisa menggunakan olive oil sebagai pengganti pelembap alami.

Bisa juga diolah menjadi masker dengan mencampurkan minyak zaitun, susu, dan bubuk kunyit hingga menjadi pasta. Aplikasikan pada wajah dan tubuh. Tinggalkan selama 10 menit kemudian bilas.

Banyak Produk Moisturizer yang diklaim Mampu Mengatasi Kering Pada Kulit

Madu

Bukan rahasia lagi kalau madu merupakan salah satu moisturizer alami yang bisa melembapkan kulit. Gunakan madu organik untuk mengatasi area kulit yang kering seperti wajah, tangan, atau siku. Caranya sederhana, aplikasikan madu pada kulit yang kering dan biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas.

Minyak kelapa

Natural oil seperti minyak kelapa juga cocok digunakan untuk pelembap alami. Penelitian menyebut bila minyak kelapa sama efektifnya dengan petroleum jelly dalam melembapkan kulit. Minyak kelapa juga punya kandungan asam lemak yang bekerja sebagai pelembap alami yang meresap ke dalam kulit dan membuatnya halus. Kamu bisa aplikasikan coconut oil setiap malam sebelum tidur.

Susu

Banyak produk pelembap yang menggunakan susu sebagai bahan utamanya. Minuman satu ini memang kaya akan vitamin dan mineral yang sehat bagi kulit. Vitamin A di dalam susu berfungsi untuk melembapkan kulit dan mencegah kulit kering dan pecah-pecah. Vitamin D baik untuk produksi kolagen yang bagus untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus pada kulit.

Selain rutin mengonsumsi susu, kamu juga bisa mengolah minuman ini menjadi masker. Caranya campurkan susu murni dengan madu, aduk hingga rata. Aplikasikan pada area kulit kemudian biarkan meresap selama 20 menit dan bilas.

Mentimun

Mentimun menjadi salah satu sayuran yang juga sering digunakan sebagai perawatan kecantikan alami. Kaya akan kandungan air, mentimun cocok untuk mengatasi masalah kulit keringmu. Coba campurkan jus mentimun dengan susu dan perasan jeruk nipis. Aplikasikan pada kulit selama 15 menit kemudian bilas menggunakan air hangat.

Sekarang terbukti kan kalau banyak bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk melembapkan kulit. Kamu sudah pernah mencoba salah satu metode di atas atau belum, nih?