Budidaya Lobster Air Tawar Bikin Kantong Kamu Tebal

Budidaya Lobster Air Tawar Bikin Kantong Kamu Tebal

Budidaya Lobster Air Tawar Bikin Kantong Kamu Tebal

Budidaya Lobster Air Tawar Bikin Kantong Kamu Tebal – Lobster merupakan keluarga crustacea yang memiliki harga jual yang tinggi. Lobster memiliki cita rasa yang sangat lezat, kaya akan kandungan gizi dan tidak banyak mengandung air (kesat).

Permintaan hewan laut jenis idnplay apk ini semakin meningkat sehingga banyak orang beralih membudidayakan lobster di air tawar.

Di saat Pandemi virus corona (covid-19) memang berdampak kepada sebagian besar penghasilan. Oleh karena itu, perlu langkah kreatif dari masyarakat untuk mencari penghasilan tambahan.

Salah satunya  adalah dengan melakukan budidaya lobster. Hal tersebut sudah dirasakan sendiri manfaatnya oleh salah seorang pemuda asal Kota Medan yakni Handy Pratama.

Selama enam bulan melakukan budidaya lobster dirinya mendapatkan cuan hingga jutaan rupiah. Handy pun menceritakan awal mula dari usaha budidaya lobsternya. Pemuda 30 tahun ini bercerita bisnis budidaya lobster ditekuni ketika pandemi covid-19 datang.

Bermula Dari Coba-Coba

Dirinya berfikir untuk memanfaatkan garasi mobil dan halaman belakang rumahnya untuk melakukan budidaya lobster. Tujuan awalnya adalah untuk mengisi waktu luang, dirinya memutuskan untuk membudidayakan ratusan lobster.

“Untuk mengisi waktu luang, semasa Work From Home (WFH) karena tidak bisa pergi kemana-mana akibat banyaknya lokasi wisata dan tempat hiburan masih belum dibuka secara penuh,” ucapnya belum lama ini.

Lobster yang dibudidaya pun beragam. Dari mulai jenis konsumsi seperti Red Claw hingga jenis Clarkii berwarna merah putih biru dan jingga menghiasi akuarium di rumahnya sehingga membuatnya semakin tampak cantik.

Handy menceritakan, dalam sekali reproduksi, lobsternya mampu menghasilkan puluhan butir telur. Sedangkan cara untuk melakukan budidayanya pun sangat mudah karena yang dirinya budidayakan adalah lobster air tawar.

Hasil dari penjualan lobster yang didapatkan juga cukup lumayan. Dalam sebulan, dirinya bisa menghasilkan uang ratusan ribu hingga Rp2 juta

Dirinya biasa menjual lobsternya secara online ke berbagai daerah di Sumatera. Meskipun, secara pribadi dirinya belum berani untuk memasarkan lobster hasil budidayanya secara luas.

“Lobster hias dijual per sepasang Rp150.000. Sedangkan lobster konsumsi per 8 ekor dijual dengan harga yang sama yakni Rp150.000,” ucapnya.