Aktifkan Fitur Cegah Begadang Youtube

Aktifkan Fitur Cegah Begadang Youtube

Cara Aktifkan Fitur Cegah Begadang Youtube

Cara Aktifkan Fitur Cegah Begadang Youtube – Youtube merilis fitur baru yang diberi nama bedtime reminders atau pengingat waktu tidur di aplikasinya. Penyematan fitur baru ini diharapkan agar penggunanya tidak larut menonton konten Youtube hingga lupa waktu dan tidak tidur alias begadang.

Fitur bedtime reminders muncul setelah adanya isu IDN Poker 99 Asia pelonjakan waktu pengguna di depan layar ponsel serta komputer sejak pandemi virus corona meluas yang berimbas pada kebijakan karantina wilayah dan belajar atau bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Pengguna bisa mengatur waktu secara spesifik untuk menghentikan pengguna menonton video, mengurangi durasi penggunaan smartphone, hingga menentukan waktu istirahat atau tidur agar tidak begadang hingga larut malam.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut virus corona (Covid-19) tidak kuat terpapar gelombang ultraviolet (UV). Hal itu ia sampaikan saat memberi pengarahan kepada Wali Kota Bogor Bima Arya dan Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin.

Tito mengatakan hal itu ia ketahui dari dua penelitian asal China. Meski begitu Tito tidak menjabarkan judul, nama peneliti, dan literatur penelitian yang ia kutip.

“Maka kalau orang Indonesia enggak apa-apa, berjemur matahari itu paling bagus. Kita handphone, barang-barang yang dicurigai, taruh saja di sinar matahari,” ucapnya.

“Penelitian di China, dua tim, sekarang dikonfirmasi oleh Amerika Homeland Security Kepala Research and Development, dia (virus corona) tidak kuat dengan ultraviolet,” kata Tito dalam pidato yang disiarkan langsung akun Instagram @kemendagri, Selasa

Tersedia di seluruh perangkat iOS dan Android

Fitur ini sudah tersedia di seluruh perangkat iOS dan Android. Melansir blog resmi Google, berikut cara mengaktifkan fitur Bedtime Reminder Youtube:

-Masuk (Sign In) ke akun Youtube.
-Buka Pengaturan (Settings).
-Klik bagian ‘Ingatkan Saya Pada Waktu Tidur’ (Remind Me When It’s Time for Bed).
-Tentukan waktu mulai muai (start) dan berakhir (end) untuk pengingat.
-Pilih ‘Tunggu hingga saya menyelesaikan video untuk memunculkan pengingat’ (Wait until I Finish My Video to Show Reminder) jika ingin notifikasi pengingat muncul setelah video yang Anda tonton selesai.

Secara teknis, fitur bedtime reminders bisa diatur untuk bisa menginterupsi video yang tengah penggunaan tonton atau menunggu hingga video tersebut habis. Tak hanya itu, fitur ini juga bisa ditotak (dismiss) atau ditunda (snooze) setelah notifikasi pengingat di Youtube sudah di-setting.

Tito berkesimpulan hal ini yang menyebabkan kasus corona meledak di sejumlah negara di belahan utara, seperti China, Italia, Jerman, dan Amerika Serikat. Dia bilang negara-negara itu sedang menjalani musim dingin saat corona pertama kali merebak.

Mantan Kapolri tersebut berkata Indonesia beruntung karena disinari matahari sepanjang hari. Sebab, kata dia, salah satu sumber ultraviolet adalah sinar matahari.

Dilansir dari The Verge, fitur cegah begadang ala Youtube ini merupakan lanjutan dari fitur wellness and screen time yang telah lebih dulu ada sejak 2018. Fitur tersebut juga difungsikan untuk membuat pengguna bertanggungjawab untuk menggunakan aplikasi youtube dan produk Google lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.