5 Ide Usaha yang Aman Di Jalankan Selama Pandemi

5 Ide Usaha yang Aman Di Jalankan Selama Pandemi

5 Ide Usaha yang Aman Di Jalankan Selama Pandemi

5 Ide Usaha yang Aman Di Jalankan Selama PandemiDi tengah pandemi seperti ini banyak pengusaha yang kewalahan mengatur keuangannya. Kalau tidak bisa mencari solusi aman tidak menutup kemungkinan akan bangkrut. 

Merintis usaha baru juga bukan tidak  mempunyai resiko. untuk itu setiap langkah yang diambil juga harus disiapkan dengan matang.

Dilansir https://onlinetradingsouthafrica.com ada beberapa sektor usaha tertentu yang tidak secara signifikan merasakan imbas pandemi. Loh kok bisa? yuk simak..

1. Aquascape dan ikan hias  

Kalau kamu amati sebenarnya usaha ini menggeliat tanpa masalah selama pandemi. Bisa dibilang orang justru makin menikmati hobi ini selama berada di rumah lebih lama. Tak sedikit penggemar baru yang bermunculan.

Mulai dari membeli ikan hias sampai menghias akuarium dengan aquascape, para pengusaha di sektor ini pun sibuk melayani konsumen. Akuarium beserta isinya memang bisa jadi hiburan menarik selama di rumah. Bukan hanya untuk anak-anak, orang dewasa pun bisa terhipnotis.

2. Tanaman  

Selain bersepeda, berkebun juga jadi hobi yang sedang digandrungi orang. Banyak yang melirik usaha ini sebagai sektor yang menjanjikan selama pandemi. Orang yang awalnya hanya hobi pun kini mulai membudidayakan tanaman-tanaman mereka untuk dijual ke peminat baru. Gak cuma indah, kebun bisa pula menghasilkan pundi rupiah.

3. Alat seni dan kerajinan 

Buat menghabiskan waktu di rumah, banyak orang mulai melirik hobi-hobi baru yang dapat menambah skill. Misalnya saja melukis atau membuat kerajinan lainnya. Tak heran deh kalau toko alat seni tak pernah sepi dari pembeli.

Bisa dibilang hal-hal yang berkaitan dengan hobi tidak terkena dampak signifikan. Penjualan mereka cukup stabil dari sebelum hingga selama pandemi. Sama dengan kasus akuarium, hobi kesenian ini sudah punya penggemar setia yang tentu bakal beli bahan atau alat secara berkala. Selain orang yang hobi, banyak juga konsumen dari kalangan pengusaha kecil yang mulai mengisi waktu dengan membangun usaha kerajinan dan membeli bahan seni di toko-toko ini.

4. Stiker dan peralatan bullet journaling 

Bisa dibilang ini salah satu pasar yang jarang dilirik orang. Apalagi buat yang kurang menggemari alat tulis dan kegiatan menulis jurnal. Namun, ternyata journaling punya komunitas sendiri yang sudah pasti akan jajan kebutuhan secara berkala.

Tak disangka usaha menyediakan stiker dan perlengkapan bullet journaling lancar jaya selama pandemi ini. Paling tidak angka penjualannya cukup stabil, tidak turun drastis seperti sektor-sektor lainnya macam wisata dan konveksi misalnya.

5. Masker kain 

Sebenarnya ini sektor usaha yang cukup mengikuti tren. Kebanyakan orang sekarang mencari alternatif masker medis yang mahal dan melirik masker kain. Pengusahanya pun tidak kehilangan ide. Dengan motif-motif menarik desain sendiri, masker-masker kain ini pun selalu habis dalam waktu singkat.

Berkali-kali re-stock dan terus habis menandakan permintaan orang masih banyak. Belum tahu apakah pasca pandemi masker kain masih jadi ide usaha yang menguntungkan, tetapi sejauh ini permintaannya masih tinggi. Asal motifnya original bikinan sendiri atau bahan kainnya premium dan nyaman dipakai, sepertinya pembeli bakal ngantri.