Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

45 2 - Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

 

Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari – Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

log, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum di gunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content

Sosial media sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Kamu bisa membagikan momen bersama pasangan atau sekedar melihat-lihat APK IDN Poker IOS Terbaru unggahan orang lain. Sosial media pun bisa memberi inspirasi dalam melakukan hal baru bersama pasangan.

1. Sosial media bisa menciptakan ekspektasi yang tidak realistis
shawn fields zsppcwsxjy0 unsplash 59d1a056af9db7bb9e289addec77e6a4 - Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

Gambaran couple goals yang berseliweran di sosial media, membuatmu berekspektasi bahwa pasangan akan melakukan hal yang sama untukmu. Di lansir Mind BodyGreen, Chamin Ajjan, Sex and Behavioral Therapist, mengatakan hal ini bisa membawa rasa iri dan kesal.

Ini karena pasanganmu tidak membagikan unggahan yang sama. Kepuasan terhadap hubunganmu pun menurun karena ekspektasimu sendiri.

2. Meningkatkan kecemburuan terhadap pasanganmu
pexels cottonbro 4694504 4909c223b7fba68a542981812b56ee05 - Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

Penelitian yang di terbitkan Jurnal Psikologi Amerika, menunjukkan bahwa penggunaan media sosial bisa meningkatkan kecemburuan dan ketidakpuasan dalam hubungan. Kamu pun sering mengawasi aktivitas pasangan di sosial medianya dengan stalking.

Kamu akan merasa kesal kalau pasangan menyukai dan mengomentari kiriman orang lain. Itu memicu kekhawatiran bahwa pasanganmu tertarik dengan orang lain daripada dirimu dan tuduhan lainnya.

3. Penggunaan media sosial yang berlebihan, dapat meningkatkan pertengkaran dengan pasangan
pexels photo 4308057 cb17ef34b3686202e48b1767077bef9c - Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

Dalam jurnal yang di terbitkan National Center for Biotechnology Information Amerika tahun 2013, pasangan yang menjalin hubungan kurang dari tiga tahun dan kerap menggunakan media sosial, banyak terkena konflik karena paparan media sosial.

Fakta lainnya, orang yang banyak membagikan momen pacaran di media sosial, juga cenderung memiliki kepuasan hubungan yang lebih rendah. Jadi, banyaknya momen pacaran yang di bagi, bukan jaminan suatu hubungan bahagia.

4. Sosial media bisa mengganggu quality time dengan pasangan
gigi livzeqdiera unsplash 8896d9ea92b040ee6dc5334ac4d3a0df - Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

Di lansir Mind Body Green, Ken Page, Psikoterapis, mengatakan bahwa semakin seseorang terikat dengan hubungan di media sosial, ia jadi tak bersemangat menikmati momen dalam hidup.

Salah satunya, pada momen quality time dengan pasangan. Kamu dan pasangan bisa menetapkan aturan bahwa saat bersama, tidak ada yang bermain dengan ponsel, termasuk tentang pekerjaan. Ini agar kalian bisa saling meningkatkan kedekatan.

5. Sosial media bisa berdampak terhadap kesehatan mental
young couple serious living room 1150 5269 e9ffed21b2e66341677b1a82bc89a52d - Dampak Negatif Sosial Media pada Hubungan Pacaran yang Gak di Sadari

Walau sosial media mengagungkan koneksi dengan seseorang di tempat yang jauh, beberapa penelitian justru menghubungkan media sosial dengan rasa kesepian, gangguan suasana hati, dan bisa menyebabkan rendahnya penghargaan diri.

Sosial media justru bisa membuatmu lebih individualis sehingga bukannya mendekatkan, ini bisa menjauhkanmu dengan pasangan. Merasa demikian juga? Itu dia dampak buruk sosial media terhadap hubungan romantismu.